Jumat, 07 Juni 2013

Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

Codename Raring Ringtail

Ubuntu versi terbaru 13.04 dipastikan akan rilis bulan April ( 25 April ) tahun ini. Oleh Mark Shuttlework – founder Ubuntu- diberilah codename Raring Ringtail-yang sebelumnya banyak dari kalangan komunitas menebak dan menerka akan memakai kata Rabit dan Rabbit – Raring berarti penuh antusias/hasrat sedangkan yang dimaksud Ringtail di sini adalah Ringtail Raccoon ( rakun ).
foto 13.04 tile Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Inilah penjelasan Mark, kenapa menggunakan codename Raring Ringtail :
” [In the next six months] we want to have the phone, tablet and TV all lined up. So I think it’s time to look at the core of Ubuntu and review it through a mobile lens: let’s measure our core platform by mobile metrics, things like battery life, number of running processes, memory footprint, and polish the rough edges that we find when we do that.
The tighter we can get the core, the better we will do on laptops and the cloud, too.”
Dari penjelasan di atas terlihat betapa begitu antusiasnya si Mark ingin mewujudkan Ubuntu tidak hanya untuk desktop, tetapi juga bisa dinikmati ke dalam bentuk phone/mobile, tablet dan TV. Oleh karena itu, selama semester ini dia ingin mempelajari dan mulai meninjau ubuntu melalui kacamata mobile, seperti tingkat ketahanan baterai (battery life), seberapa banyak aplikasi bisa berjalan dan diproses, memori dan lain-lain.
foto suspects7 Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Sedangkan penamaan Ringtail ( hewan dengan ekor seperti bercincin), banyak membingungkan kalangan komunitas, ada yang menebak yang dimaksud Ringtail di sini adalah semacam tupai, capung dan luwak dan ternyata yang dimaksud dari Mark adalah seekor rakun.
Yang baru di Ubuntu 13.04 Desktop
Setelah tulisan ini diposting Ubuntu ini telah keluar versi Beta 1. Ada beberapa update/hal baru yang perlu kalian ketahui, diantaranya :
  • Perubahan icon untuk Nautilus, Update Tools ( Software Updater ) dan Ubuntu Software center.
foto icons watered 350x145 Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • Shutdown/Logout dialog yang baru.
foto logouts 750x316 Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • Icon dash unity baru.
foto 62D2c Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • Menambahkan Legal Notice pada System Settings
foto lela Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • Susunan Unity baru ( New Unity Stack ) atau Unity 7 diharapkan akan mempermudah pencarian file dan aplikasi. Fitur ini dinamakan Smart Scopes ( Raring’s Smart Scopes ).
  • Beberapa scopes, seperti IMDb, Google Drive, Soundcloud, Wikipedia dan lain-lain terinstall by default. Kita tidak perlu menambahkan lagi.
foto scopes 300x300 Preview Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Many New Scopes Will be Installed by Default
  • Dan masih banyak fitur baru lainnya.

Screenshot

Download
sumber : http://mashendri.com/ubuntu-raring-ringtail.html

0 komentar:

Posting Komentar