Jumat, 07 Juni 2013

Emulator Android di PC

Satu lagi kebanggaan bagi Android Lover yang belum mampu untuk membeli gadget/smartphone-nya. Bahkan, saya berharap setelah membaca postingan ini sampai selesai, kalian akan mengurungkan niat untuk membeli gadget Android yang mahal, karena ternyata tanpa memiliki smartphone Android-pun kita bisa menikmati OS Android dengan menggunakan mesin emulator. Setelah sebelumnya saya telah menulis tentang bagaimana mencicipi Android di PC dan bagaimana cara menginstall file installer apk ke dalam emulator. Kali ini saya akan membahas mengenai mesin emulator lain, tentu saja lebih ciamik, lebih mudah, lebih ringan dan tentu sajalebih user friendly. Emulator tersebut adalah :
1. BlueStacks AppPlayer – Your Favorite Android Apps Now on PC
Awalnya mesin emulator Android ini dikhususkan untuk game-game yang biasanya hanya running di gadget Android (versi Alpha), tapi sejak keluar versi beta kemarin Bluestacks sudah mendukung banyak aplikasi-aplikasi lain seperti sosial media, fotografi, entertainment dan bisa untuk install file APK secara langsung.
Emulator Bluestacks bisa didownload langsung di official websitenya http://bluestacks.com. Pada versi yang lama (alpha), Bluestacks langsung menyediakan file installer sebesar kurang lebih 119 MB. Berbeda dengan versi yang sekarang, file installer hanya berukuran sekitar 3 MB, kemudian jika diinstall file installer tersebut akan meminta koneksi internet untuk mendownload file-file pendukung lainnya sehingga emulator ini bisa dipakai secara sempurna.
Aplikasi emulator ini masih dalam tahap pengembangan (Beta-1), sementara ini masih bersifat free dan hanya running di komputer Windows. Pengalaman saya setelah menginstall Emulator ini, semua file *.apk otomatis berasosiasi dengan emulator ini, sehingga hanya dengan double klik file installer *.apk otomatis akan terinstall ke dalam engine Bluestacks dan langsung bisa digunakan. Jika belum otomatis, untuk menginstall file APK bisa melalui cara :
  • > Klik kanan file APK yang akan diinstall > Open with…
  • > Browse > cari HD-ApkHandler.exe > OK
  • > Tunggu Bluestacks running, file akan otomatis terinstall.
Berikut beberapa screenshot Emulator Bluestacks :
foto  Ber Android Ria meski Baru di Emulator
tampilan awal loading Bluestacks AppPlaywe
foto  Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Tampilan home Android di BlueStacks
foto tampilan facebook di bluestacks Ber Android Ria meski Baru di Emulator
tampilan halaman login facebook di emulator Bluestacks

2. YouWave – Android on Windows PC
foto youwave logo Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Emulator Android yang satu ini bersifat shareware, kita bisa menggunakan versi trial selama 7 hari saja, selebihnya kita harus membeli Activation key Youwave ini dengan harga $14,99. Ingin mencoba, silakan download langsung di websitenya youwave.com, besar file download sekitar 101 MB. Ingin mencari keygen/crack, silakan gugling sendiri foto icon smile Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Sama seperti Bluestacks, Emulator ini sementara hanya running di Micr. Windows. Versi terbaru dari Youwave mampu mengemulasi Android Versi 2.3 (Gingerbread), tetapi belum mendukung ARMv7, flash player, hardware sensor dan closed source API. Disarankan saat menginstall emulator ini, kalian menonaktifkan/menguninstall software VirtualBox, karena jika terdapat software ini, Youwave hanya bisa diinstall pada posisi guest, bukan di host machines.
Android Market, Twitter for Android, Whatsapp dan jutaan aplikasi lainnya berjalan normal di Emulator ini. Dengan Youwave kita seolah-olah sudah memiliki gadget Android sendiri. Betapa menyenangkan, bukan ? foto icon smile Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Berikut beberapa screenshot Emulator YouWave :
foto booting youwave Ber Android Ria meski Baru di Emulator
tampilan home dari Youwave
foto tampilan home android di youwave Ber Android Ria meski Baru di Emulator
homescreen Android di Emulator Youwave
foto tampilan menu android di youwave Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Menu Android di YouWave
foto twitter di youwave Ber Android Ria meski Baru di Emulator
Twitter for Android Running on YouWave
Menginstall file APK  ke dalam Youwave :
  • Kumpulkan file-file apk ke dalam satu folder sehingga kita bisa dengan mudah memanage semua installer APK.
  • Klik menu File > Path to Apps… lalu cari di mana folder tempat meletakkan file-file apk tadi. Setelah ketemu, pastikan di Youwave semua file installer apk sudah muncul. Jika belum muncul silakan klik View > Redraw icon
  • Klik dua kali file apk dari Apps  yang akan kita install di layar sebelah kiri. Tunggu loading hingga 100 %. Jika sudah complete, apps otomatis terbuka sendiri di layar sebelah kanan. Untuk konten-konten native dan bersifat online kita bisa langsung menginstallnya melalui menu View > Online Content.
  • Jika kurang jelas, silakan klik menu Help > Instructions
Nah, dengan kedua emulator ini ditambah satu emulator di posting sebelumnya saya kembali menegaskan bahwa untuk mempelajari Android, untuk bisa menggunakan berbagai aplikasi yang ada di Android, dan untuk mencoba aplikasi develop sendiri tidak harus memiliki/membeli gadget/smartphone Android. Selamat Mencoba Android  di PC walau baru punya Emulatornya.

sumber : http://mashendri.com/setting-mesin-emulator-android.html

0 komentar:

Posting Komentar