Selasa, 02 April 2013

Macam-Macam Memori pada komputer

Macam-macam Memori computer

A. Memori Internal (Primary storage)
 Memori internal merupakan memori yang dapat diakses secara langsung oleh processor.
Memori Internal dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1.ROM (Read Only Memory)
i
ROM adalah memori yang hanya bias dibaca saja dan tidak dapat dirubah dan dihapus karena sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.Rom berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan program booting.
2.RAM (Random Access Memory)
4
RAM adalah memori yang dapat diakses secara random (acak).RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on / sedang hidup).
3.Cache Memory
y
Cache memory adalah memory  berukuran kecil yang berkecepatan tinggi dan berfungsi untuk menyimpan sementara intsruksi dan data (informasi) yang diperlukan processor.Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal processor.Pada saat ini, Cache memory ada tiga jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.
B.memory eksternal
Memory eksternal adalah memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan menyimpan data atau program.Konsep dasar memori eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap , baik pada saat komputer aktif atau tidak.Memori eksternal berfungsi untuk melakukan operasi penulisan ,pembacaan,dan penyimpanan data di luar memori utama.
Beberapa Memori eksternal yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
1.Harddisk
k
Harddisk merupakan media penyimpanan Internal dengan kapasitas besar yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpan data.Untuk saat ini kapasitas penyimpanan pada harddisk mencapai 1 TB atau sekitar 1.000 MB.
2.CD (Compact Disk)
j
CD merupakan media penyimpanan yang memiliki format seperti Compact disc Audio.CD dibagi menjadi dua,yaitu CD-R dan CD-RW yang bisa dipakai ulang.
3.Disket
g
Disket merupakan media penyimpanan eksternal dengan kapasitas kecil, yaitu sekitar  1,44 MB.Untuk menggunakan media ini diperlukan flopy disk drive.Seiring perkembangan teknologi, beragam media penyimpanan data bermunculan dengan menawarkan kapasitas lebih besar dan kemudahan penggunaan, dengan demikian Disket perlahan mulai punah.
4.Flashdisk
gk
Flashdisk memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan disket.Tingkat ketahanannya juga jauh lebih bagus dibandingkan disket dan CD.Flashdisk tidak memerlukan drive khusus tetapi hanya memerlukan port USB.Kapasitas penyimpanan flashdisk hingga saat ini sudah mencapai 16 GB.
5.Blue-Ray
jl
Blue-Ray merupakan media penyimpanan data yang dikelurakan oleh perusahaan Sony.Satu keping Blue-Ray disc single layer bisa menampung 25 GB.Sementara untuk dual layer bisa menampung 50 GB.
6.Harddisk Eksternal
index
Harddisk eksternal merupakan perangkat penyimpanan yang mana fungsi dan kapasitasnya hamper sama dengan harddisk internal.Kapasitas simpan harddisk eksternal sangat bervariasi,mulai dari 40 GB samapi 50 GB.Namun kini juga sudah muncul harddisk eksternal yang daya tampungnya mencapi 1,5 TB atau sama dengan 1500 GB.

sumber : http://riantopasbar.wordpress.com/2012/12/29/908/

0 komentar:

Poskan Komentar