PENGANTAR TELEMATIKA
PROPOSAL SISTEM PEMESANAN MAKANAN ONLINE RUMAH MAKAN "DAPUR KITA"
Anggota Kelompok :
qARI
HADISURYANTO (11112062)
qDJATU
SATRIA (12112235)
qIZA
ZAYYNUL AHYAR (13112883)
qRONALDO
ADITYA (16112684)
qSYAEPUL
NURI (17112230)
A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi dan telekomunikasi. Munculnya beragam aplikasi memberikan pilihan dalam peningkatan kinerja suatu pekerjaan, baik yang besifat dekstop based, web based hingga yang sekarang ini munculnya aplikasi-aplikasi baru yang berjalan dalam mobile device/handphone.
Pemilihan mobile device/handphone untuk salah satu pengembangan aplikasi selain lebih mudah dalam pengoperasiannya, sifat dari handphone yang fleksibel menjadi salah satu alasannya. Dapur Kita adalah salah satu tempat rumah makan favorit yang selalu khas menyajikan menu menggunakan rasa pedas. Dapur Kita yang ini termasuk tempat makan yang sering dikunjungi terutama anak muda. Proses pemesanan disana dilakukan baik secara langsung di lokasi maupun secara tidak langsung di lokasi tempat pelanggan berada. Pencatatan pesanan pelanggan secara langsung di lokasi rumah makan disana biasanya dilakukan dengan menggunakan alat tulis seperti bolpoin dan kertas atau menggunakan komputer seperti yang terdapat pada beberapa restoran cepat saji. Penggunaan media alat tulis dan kertas untuk pemesanan makanan dan minuman di restoran cepat saji masih digunakan sampai saat ini namun banyak menemui kendala-kendala antara lain adanya pemesanan yang rangkap (redudansi), tidak urutnya pembuatan pemesanan akibat bertumpuknya nota pemesanan terutama pada saat ramai pengunjung, juga kesalahan pencatatan akibat sulitnya membaca tulisan tangan.
Berdasarkan pertimbangan ketersediaan teknologi dan tingkat kebutuhan transaksi dalam hal kecepatan, efisiensi dan kepraktisan dalam memesan makanan serta meminimalisasi kesalahan petugas maka dapat memanfaatkan pemilihan mobile device/handphone untuk salah satu pengembangan aplikasi selain lebih mudah dalam pengoperasiannya, sifat dari handphone yang fleksibel menjadi salah satu alasannya. Penggunaan mobile yang di sambungkan ke server dapat mengirimkan data pesanan ke bagian kasir dan bagian dapur rumah makan.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana membangun suatu aplikasi yang dapat melakukan pengelolaan pemesanan makanan di restoran cepat saji?
2. Bagaimana mengatur ketidakurutan pesanan akibat bertumpuknya nota pemesanan yang masih bentuk tulisan tangan kemudian dirubah implementasi pemesanan nya ke dalam bentuk penggunakan mobile?
C. Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita yang akan dibuat memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
- Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan kebutuhan customer dan pelayanan.
- Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
- Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita.
D. Modul Pengembangan
- Modul informasi tentang pelayanan.
- Modul proses pemesanan makanan.
E. Keuntungan Pengembangan Sistem
Manfaat dari sistem ini adalah sebagai berikut :
- Memudahkan customer dalam pemesanan makanan.
- Efektif dalam menghemat waktu.
- Tidak terjadi kerangkapan data pemesanan.
F. Waktu Pelaksanaan Proyek
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
|
Okt
1 23 4
|
Nov
1 2 3 4
|
Desember
| ||||||||||||||||||||||||||||||||
Analisis Kebutuhan
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Design fungsi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemograman
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengujian
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Instalasi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelatihan
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemeliharaan
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dokumentasi
|
G. Rancangan Biaya Sistem Informasi
Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, kami akan mengerjakan aplikasi sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian kami akan langsung melakukan pengistalan aplikasi.
Adapun rincian biayanya sebagai berikut :
1. Biaya persiapan
Tipe Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan ( Rupiah )
|
Software
|
PhoneGap
SQL Lite
Dreamwaever CS6
|
500.000
-
500.000
|
JUMLAH
|
1.000.000
|
2. Biaya Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Analisis kebutuhan
|
700.000
|
2
|
Design Fungsi
|
600.000
|
3
|
Pemograman
|
1.000.000
|
4
|
Pengujian
|
250.000
|
5
|
Instalasi
|
200.000
|
6
|
Pelatihan
|
150.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
400.000
|
8
|
Dokumentasi
|
300.000
|
9
|
Transportasi
|
150.000
|
Jumlah
|
3.750.000
|
3. Biaya Keseluruhan
Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
= Rp 1.000.000 + Rp 3.750.000
= Rp 4. 750. 000
H. Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Perancangan aplikasi, tahap ini adalah tahap dengan melakukaan perancangan struktur menu, menggunakan struktur navigasi dan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan kemudian membuat rancangan tampilan dalam proses pembuatancara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita.Dapur Kita.
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
3. Pengujjian
Tahap uji coba dan Implementasi, pada tahap ini akan dilakukan uji coba untukmenggunakan aplikasi smartphone. Instalasi
Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
4. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau pemilik Dapur Kita yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
5. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
6. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
I. Sumber Daya Manusia
Untuk melaksanakan proyek perangkat lunak “cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita” disiapkan SDM 5 orang dengan peran rangkap seperti dalam tabel di bawah ini.
No
|
Nama
|
Peran
|
1
|
Sherra Adianty. S
|
Koordinator tim, Dokumentasi
|
2
|
Rio Rizkijandi
|
SDM Studi Kelayakan, Programer
|
3
|
Kartika Eka Putri
|
SDM Studi Kelayakan, Pemeliharaan
|
4
|
Nicodemus Kurniawan
|
Programer, Desain Fungsi
|
5
|
Auda Indah. R
|
Testing, Dokumentasi
|
J. Penutup
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk membuat sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita untuk mempermudah dalam pelayanan pemesanan makanan. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.
0 komentar:
Posting Komentar