Selasa, 21 April 2015

Struktur Navigasi

Struktur navigasi merupakan rancangan hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen dengan pemberian perintah dan pesan. Struktur navigasi juga memberi kemudahan menganalisa keteraktifan seluruh obyek dan bagaimana pengaruh keinteraktifannya terhadap pengguna. Ada 4 macam bentuk struktur navigasi, yaitu:

1. Linier (Sequence) : Struktur linier merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut dan menampilkan satu demi satu tampilan layer secara berurut menurut urutannya dan tidak diperbolehkan adanya percabangan. Tampilan yang dapat ditampilkan adalah satu halaman sebelumnya atau satuhalaman sesudahnya.

2. Hirarki (Hierarchy) : Struktur hirarki merupakan suatu struktur yang menghandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Pagedan pada menu kedua disebut sebagai Slave Page. Pada struktur navigasi ini tidak diperkenankan adanya tampilan secara liner.

3. Non Linier Pada struktur linier diperkenalkan membuat navigasi bercabang. Percabangan ini berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki. Pada percabangan non linier walaupun terdapat percabangan tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama yang tidak ada pada Master Page dan Slave Page.
4. Campuran (Composite) : Struktur navigasi campuran merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya. Struktur ini banyak digunakan dalam pembuatan Hom page sebab dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar